Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jika Petani Melakukan Pemberantasan Serangga Apa yang Akan Terjadi pada Populasi Padi dan Katak?

Sawah adalah tanah yang digarap untuk menanam padi. Sawah sengaja dibuat oleh manusia untuk menanam padi dan memenuhi kebutuhan pangan umat manusia. Tanah yang diubah menjadi area sawah membentuk suatu ekosistem yang berisi makhluk hidup dan komponen abiotik yang saling berinteraksi. Di sawah ada padi, tikus, serangga, burung pipit, ular, katak, elang, dan lain sebagainya. Jika petani melakukan pemberantasan serangga apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak?

Makhluk hidup yang berada di ekosistem sawah memiliki hubungan rantai makanan dan jaring-jaring makanan yang mana hewan satu memangsa hewan yang lain dan hewan yang lain itu dimangsa lagi oleh hewan yang lainnya. Misalnya, serangga memakan tumbuhan padi, dan serangga itu dimakan lagi oleh katak, dan katak dimakan lagi oleh ular sawah, ular sawah dimakan lagi oleh elang. Keberadaan serangga di sawah sangat merugikan petani. Hal itu karena serangga memakan padi. Biasanya petani memberantas serangga serangga tersebut agar tidak merugikan petani karena padi-padinya rusak dan habis dimakan serangga. Jika petani melakukan pemberantasan pada serangga apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak? Yang terjadi adalah populasi padi semakin meningkat dan populasi katak semakin menurun. Populasi padi semakin meningkat karena tidak ada serangga yang merupakan hama bagi padi. Populasi katak semakin menurun karena berkurangnya ketersediaan makanan bagi katak. Katak adalah predator serangga.

Posting Komentar untuk "Jika Petani Melakukan Pemberantasan Serangga Apa yang Akan Terjadi pada Populasi Padi dan Katak?"

loading...