Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daya Tarik Apa Saja yang Mendorong Kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia?

Berdasarkan sejarah, Indonesia pernah dijajah oleh bangsa-bangsa barat seperti Portugis, Inggris, dan Belanda. Apakah kalian tahu alasan mengapa mereka mendatangi wilayah Indonesia? Daya tarik apa saja yang mendorong kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia? Simak pemaparannya berikut ini:

Bangsa-bangsa Eropa datang ke Indonesia karena mereka tertarik dengan kekayaan alamnya khususnya rempah-rempah. Kenapa mereka tertarik dengan rempah-rempah di Indonesia? Apakah di sana tidak ada rempah-rempah? Ya, di sana tidak ada rempah-rempah. Kalaupun ada, rempah-rempah itu didatangkan dari negeri lain yaitu wilayah Indonesia.

Penyebab di Eropa tidak ada rempah-rempah adalah kondisi alam di sana yang berbeda dengan kondisi alam Indonesia. Indonesia beriklim tropis dan mempunyai dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau serta matahari selalu bersinar sepanjang tahun. Lain halnya dengan Eropa yang alamnya dingin dan mempunyai empat musim. Kondisi ini menyebabkan perbedaan hasil alam yang dihasilkan dari Eropa dan Indonesia. Dengan kondisi semacam ini, berbagai jenis tanaman bisa tumbuh dengan subur di Indonesia termasuk rempah-rempah.

Apa istimewanya rempah-rempah sampai-sampai bangsa Barat bela-belain datang ke Indonesia untuk mengambil rempah-rempah? Jangan salah, pada saat itu harga rempah-rempah semahal emas jika dijual di Eropa. Oleh karena itu bangsa bangsa barat menjajah Indonesia dan mengeruk rempah-rempah dan kekayaan alam lainnya untuk dijual di negara lain.

Demikianlah pemaparan tentang daya tarik apa saja yang mendorong kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia. Jadi kesimpulannya adalah daya tarik yang mendorong kedatangan bangsa bangsa barat ke Indonesia adalah kekayaan alamnya khususnya rempah-rempah.

Posting Komentar untuk "Daya Tarik Apa Saja yang Mendorong Kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia?"

loading...