Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Bagaimana Kupu-kupu Dapat Membantu Proses Penyerbukan pada Bunga

Kamu mungkin sudah tahu kalau penyerbukan pada bunga terjadi dengan bantuan hewan, angin, air, dan manusia. Penyerbukan dapat terjadi dengan bantuan hewan salah satunya yaitu kupu-kupu. Lalu bagaimana kupu-kupu dapat membantu proses penyerbukan pada bunga? Bisakah kamu menjelaskannya?

Bunga yang merupakan bagian tumbuhan memiliki mahkota yang yang berwarna-warni yang dapat menarik perhatian serangga. Selain itu aroma yang dihasilkan juga bisa mengundang datangnya serangga. Karena itulah kupu-kupu mendatangi bunga. Kupu-kupu hinggap diatas bunga lalu memakan cairan yang ada di bunga tersebut cairan tersebut disebut dengan nektar. selama kupu-kupu hinggap di atas bunga, secara tidak sengaja serbuk sari yang ada pada bunga menempel di tubuh kupu-kupu. Kupu-kupu itu bergerak-gerak serta berpindah dari bunga satu ke bunga yang lain. Serbuk sari yang menempel di tubuh kupu-kupu itu ikut terbawa oleh kupu-kupu hingga berjatuhan dan mengenai kepala putik. Jatuhnya serbuk sari ke kepala putik itulah yang disebut dengan penyerbukan. Jadi itulah bagaimana kupu-kupu dapat membantu proses penyerbukan pada bunga. Kupu-kupu dan bunga memiliki hubungan yang saling menguntungkan. Kupu-kupu mendapatkan makanan yang berupa nektar dari bunga, dan bunga dapat melakukan penyerbukan dengan dibantu kupu-kupu meskipun kupu-kupu melakukannya secara tidak sengaja.

Kupu-kupu dan tumbuhan memang memiliki simbiosis mutualisme, tetapi kupu-kupu juga dapat merugikan tumbuhan karena kupu-kupu bisa bertelur menaruh telur-telurnya di tumbuhan. Telur-telur itu nantinya akan menjadi ulat yang memiliki hubungan simbiosis parasitisme dengan tumbuhan. Jadi kupu-kupu jarang membantu terjadinya penyerbukan di perkebunan komersial. Hal itu tanda keberadaan kupu-kupu dihindari oleh pemilik kebun tersebut.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Bagaimana Kupu-kupu Dapat Membantu Proses Penyerbukan pada Bunga"

loading...