Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Hubungan Antara Hak dan Kewajiban dengan Pemanfaatan Energi Alternatif

Apa hubungan antara hak dan kewajiban dengan pemanfaatan energi alternatif? Hubungan antara hak dan kewajiban dengan pemanfaatan energi alternatif adalah manusia mempunyai hak untuk memanfaatkan energi alternatif yang ada di alam, akan tetapi manusia juga mempunyai kewajiban dalam pemanfaatan energi alternatif tersebut yaitu dengan memanfaatkan energi alternatif secara wajar dan proporsional serta tetap menjaga kelestarian alam.

Kita dituntut untuk menghemat energi salah satunya dengan cara mengganti energi konvensional seperti minyak bumi, batubara, dan gas alam dengan energi alternatif. Energi alternatif bisa menggantikan energi konvensional serta jumlahnya melimpah ruah dan dapat diperbaharui. Namun dalam penggunaan energi alternatif tidak serta merta kita bebas sebebas-bebasnya dalam mengeksploitasi energi alternatif yang ada di alam. Kita memang berhak menggunakan energi alternatif akan tetapi terdapat kewajiban yang harus kita penuhi dalam pemanfaatan energi alternatif tersebut. Misalnya energi alternatif adalah air. Kita bisa memanfaatkan air sebagai sumber energi untuk membangkit listrik. Akan tetapi dalam membuat bendungan juga harus memperhatikan lingkungan setempat. Pastikan pembangunan bendungan tersebut tidak merusak alam dan tidak mengganggu warga yang tinggal di sekitar serta aman dan tidak menimbulkan bencana.

Contoh energi alternatif yang lainnya yaitu energi angin. Kita berhak memanfaatkan angin misalnya dengan cara membangun pembangkit listrik tenaga angin. Akan tetapi kita juga punya kewajiban agar pembangunan pembangkit listrik tersebut tidak mengganggu warga di sekitarnya. Untuk itu pembangkit listrik tenaga angin perlu dibangun di tempat yang cukup jauh dari pemukiman. karena jika pembangkit listrik tenaga angin dibangun di dekat pemukiman, warga yang tinggal di pemukiman tersebut akan terganggu karena mendengar suara bising baling-baling kincir angin yang suaranya seperti helikopter sepanjang waktu.

Jadi apa hubungan antara hak dan kewajiban dengan pemanfaatan energi alternatif? Kita berhak memanfaatkan energi alternatif dengan kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi dalam pemanfaatan energi alternatif tersebut yaitu tetap menjaga kelestarian alam dan tidak mengganggu warga sekitar serta tidak mengeksploitasi energi tersebut secara berlebihan.

Posting Komentar untuk "Apa Hubungan Antara Hak dan Kewajiban dengan Pemanfaatan Energi Alternatif"

loading...