Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Ciri Surat Dinas dari Segi Bentuk?

Surat memiliki beberapa jenis misalnya surat pribadi, surat dinas, surat elektronik, surat resmi, surat niaga, dan surat lamaran. Kali ini kita akan membahas ciri surat dinas dari segi bentuk.

Pernahkah anda melihat surat dinas? Jika pernah, bisakah anda mendeskripsikan bentuk surat dinas? Dari segi bentuk, surat dinas memiliki ciri-ciri antara lain:

Menggunakan kop surat dari instansi atau lembaga terkait

Pada bagian atas surat terdapat kop surat dari instansi atau lembaga terkait yang isinya seperti logo, nama instansi atau lembaga, serta alamat. Hal ini berbeda dengan surat pribadi atau surat lamaran yang tidak memiliki kop surat.

Menggunakan nomor surat, lampiran, dan perihal.

Surat dinas pastilah menggunakan nomor surat dan perihal, serta lampiran jika disertai dengan lampiran. Tentunya ini berbeda dengan surat pribadi yang tidak menggunakan nomor surat, perihal, dan lampiran.

Menggunakan cap atau stempel dari instansi atau lembaga terkait.

Pada surat dinas, terdapat tanda tangan yang dibubuhi stempel dari instansi atau lembaga.

Surat dinas dibuat dengan cara diketik

Karena pada surat dinas terdapat kop surat, tentunya surat tersebut dibuat dengan cara diketik. Hal ini berbeda dengan surat pribadi dan surat lamaran yang bisa ditulis dengan tulisan tangan.

Jadi kesimpulannya bagaimana ciri surat dinas dari segi bentuk? Ciri-cirinya yaitu: menggunakan kop surat; menggunakan nomor surat, perihal, dan lampiran; menggunakan cap/stempel; dibuat dengan diketik.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Ciri Surat Dinas dari Segi Bentuk?"

loading...