Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Ciri-ciri Lagu Daerah?

Bagaimana ciri-ciri lagu daerah? Lagu daerah adalah lagu-lagu yang berasal dari daerah tertentu yang populer dinyanyikan oleh rakyat daerah. Lagu daerah mempunyai kemiripan dengan lagu kebangsaan. Bedanya lagu kebangsaan bersifat nasional dan lagu daerah bersifat kedaerahan saja. Lagu daerah bisa bisa saja meluas dinyanyikan oleh orang-orang yang bukan berasal dari daerah asal lagu tersebut. Itu karena lagu tersebut bisa diketahui dan menyebar lewat radio atau televisi.

Berikut beberapa ciri-ciri lagu daerah:

  • Lagu daerah bercerita tentang kondisi lingkungan atau budaya penduduk setempat dan itu dipengaruhi oleh adat istiadat setempat.
  • Sifatnya sederhana. Jadi tidak perlu mempunyai pengetahuan musik yang cukup mendalam untuk dapat mempelajari lagu daerah.
  • Biasanya nama pengarang tidak diketahui.
  • Dimainkan dengan alat musik daerah. lagu daerah biasanya di mainkan dengan menggunakan alat musik daerah misalnya lagu daerah yang berasal dari Jawa tengah dimainkan dengan menggunakan musik gamelan.
  • Akan sulit dinyanyikan oleh orang yang bukan berasal dari daerah asal lagu tersebut. Hal itu karena setiap daerah mempunyai bahasa daerahnya sendiri sendiri, lagu daerah biasanya menggunakan bahasa daerah setempat sehingga akan sulit jika orang yang berasal dari luar daerah tersebut mempelajari lagu itu.
  • Dinyanyikan secara turun-temurun sehingga terjaga kelestariannya dari zaman dahulu hingga sekarang bahkan nanti. Lagu daerah sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu akan tetapi sampai sekarang masih dinyanyikan dan dikenal oleh banyak orang. Hal itu berbeda dengan lagu populer yang hanya terkenal sesaat saja kemudian tenggelam dan dilupakan.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana ciri-ciri lagu daerah. Semoga bermanfaat.

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Lagu_daerah

Posting Komentar untuk "Bagaimana Ciri-ciri Lagu Daerah?"

loading...