Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Hubungan Antara Konversi Hutan dengan Pemanasan Global

Jelaskan hubungan antara konversi hutan dengan pemanasan global! Konversi hutan dengan pemanasan global sangat berkaitan erat. Hubungan antara keduanya adalah konversi hutan menjadi salah satu penyebab pemanasan global. Bagaimana bisa konversi hutan menjadi penyebab pemanasan global?

Konversi hutan adalah berasal dari 2 kata yaitu konversi dan hutan. Konversi adalah mengubah dari bentuk satu ke bentuk yang lain. Hutan adalah wilayah yang ditumbuhi pepohonan dan tumbuhan yang lebat. Konversi hutan adalah mengubah fungsi hutan menjadi fungsi yang lain selain fungsi kehutanan. Contohnya hutan diubah fungsinya menjadi kawasan pertambangan, perkebunan, pemukiman, peternakan, industri, dan lain sebagainya.

Karena hutan tersebut diubah untuk kepentingan yang lain selain kehutanan. Tentunya akan dilakukan pembukaan hutan baik itu dengan cara penebangan pohon atau pembakaran. Jika pohon-pohon yang ada di hutan ditebangi. Itu akan menyebabkan meningkatnya kadar CO2 di atmosfer. CO2 merupakan salah satu gas rumah kaca yang menjadi penyebab pemanasan global. Tumbuhan melakukan fotosintesis dengan cara mengubah air dan CO2 menjadi karbohidrat dan oksigen. Walaupun pohon-pohon di hutan ditebangi lalu ditanam lagi dengan tanaman produksi akan tetapi kekuatan tanaman produksi tersebut dalam menyerap karbondioksida tidak setinggi hutan aslinya jadi itu tetap saja merugikan.

Demikianlah penjelasan tentang hubungan antara konversi hutan dengan pemanasan global.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Hubungan Antara Konversi Hutan dengan Pemanasan Global"

loading...