Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

Bagaimana pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan sosial? Sebagai makhluk sosial manusia selalu berinteraksi dengan manusia yang lain misalnya interaksi antara suami dengan istri, anak dengan orang tua, interaksi antar tetangga, interaksi dengan rekan kerja, interaksi penjual dan pembeli, interaksi dengan orang baru, dan lain sebagainya. Interaksi antar manusia tersebut adakalanya menimbulkan suatu perselisihan. Untuk itulah lembaga sosial dibentuk untuk mengatur perilaku manusia dalam berinteraksi dengan orang lain agar tercipta kondisi masyarakat yang harmonis dan saling menghormati.

Contohnya adakalanya interaksi sosial yang terjadi di masyarakat menimbulkan masalah seperti tindakan kriminal maka dibentuklah lembaga sosial yang berupa kepolisian. Adakalanya interaksi sosial antar lawan jenis menimbulkan rasa suka dan cinta bentuk-bentuk lembaga sosial ini yang berupa kantor urusan agama yang mengurus masalah perkawinan. Lembaga sosial tersebut dibentuk untuk mengatur perilaku manusia dalam berinteraksi dengan orang lain agar sesuai dengan norma-norma yang ada. Coba kalau tidak dibentuk lembaga sosial, misalnya lembaga yang mengurus perkawinan. Maka kondisi pergaulan antara cara lawan jenis di masyarakat akan semakin semrawut.

Jadi bagaimana pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial? Jadi pengaruhnya yaitu interaksi sosial yang terjadi di masyarakat dapat menimbulkan perselisihan yang terjadi antara individu maupun kelompok, untuk itulah dibentuk lembaga sosial yang mengatur perilaku individu di masyarakat dalam berinteraksi antar sesamanya.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial"

loading...