Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahap Naively Egoistic Orientation

Tahap naively egoistic orientation merupakan tahapan dalam preconventional moral reasoningPreconventional moral reasoning sendiri merupakan tahapan perkembangan moral kognitif anak menurut Kohlberg.

Pada tahap naively egoistic orientation, anak beorientasi pada instrument relative. Perbuatan benar adalah perbuatan yang secara instrument memuaskan keinginannya sendiri dan (terkadang) juga orang lain. Kepeduliannya pada keadilan / ketidakadilan bersifat pragmatic, yaitu apakah mendatangkan keuntungan atau tidak.

Pada tahap naively egoistic orientation anak mulai kurang memberikan perhatian pada orang lain. Semua tindakan untuk melayani kebutuhan diri sendiri.

  • Sunardi dan Imam Sujadi, SUMBER BELAJAR CALON PESERTA PROGRAM PLPG Kompetensi Pedagogik, (KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN, 2017), hlm. 7.
  • Guru Pembelajar Modul Matematika SMP Karakteristik Siswa SMP dan Bilangan, (Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan,  2016), hlm.19.

Posting Komentar untuk "Tahap Naively Egoistic Orientation"

loading...