Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penghancuran dan Perubahan Molekul Makanan Menjadi Lebih Sederhana Secara Kimiawi Menggunakan Apa?

Penghancuran dan perubahan molekul makanan menjadi lebih sederhana secara kimiawi menggunakan apa? Berikut penjelasannya:

Ketika kita makan, makanan akan dicerna oleh sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh. Proses pencernaan ini terjadi melalui dua metode yaitu secara mekanik dan secara kimiawi.

Proses mekanik adalah proses penguraian makanan menjadi lebih kecil  secara fisik. Contohnya: Ketika di dalam mulut makanan akan dikunyah oleh gigi dengan dibantu lidah sehingga makanan menjadi lebih halus, di dalam lambung makanan diaduk menjadi halus seperti bubur.

Proses kimiawi adalah proses penghancuran dan perubahan molekul makanan dari bentuk kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana menggunakan senyawa-senyawa kimiawi seperti enzim, air, empedu, dan asam. Dalam proses pencernaan, zat-zat yang ada di dalam makanan yang kita makan akan diserap oleh tubuh. Namun zat-zat itu tidak diserap secara langsung tetapi akan diubah menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana seperti karbohidrat diubah menjadi glukosa menggunakan enzim amilase, protein diubah menjadi asam amino menggunakan enzim protease, dan lemak diubah menjadi asam lemak dan gliserol menggunakan enzim lipase.

Jadi kesimpulannya, penghancuran dan perubahan molekul makanan menjadi lebih sederhana secara kimiawi menggunakan senyawa-senyawa kimiawi seperti enzim, air, empedu, dan asam.

Posting Komentar untuk "Penghancuran dan Perubahan Molekul Makanan Menjadi Lebih Sederhana Secara Kimiawi Menggunakan Apa?"

loading...