Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendekatan Media Massa dalam Teknologi Pendidikan


Sekarang ini dunia sedang mengalami dua permasalahan yakni "ledakan informasi" dan "Ledakan teknologi". Ledakan informasi berarti  ledakan pengetahuan. Sekarang ini, di seluruh dunia, perubahan teknologi sedang berlangsung dengan cepat karena berkembangnya dunia informasi. Batas baru dari penyampaian pendidikan semakin terbuka dari hari ke hari dan salah satunya adalah teknologi Pendidikan. Teknologi pendidikan adalah "studi dan etika praktek untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan dan mengelola proses teknologi yang tepat dan sumber daya." Pendidikan suatu saat akan dapat memainkan perannya secara lebih efektif dengan membuat individu yang kreatif, aktif dan efisien. Keberhasilan pendidikan tidak dapat dicapai hanya dengan menggantikan metode mekanis bagi manusia, tetapi dengan mengembangkan pola-pola baru menggunakan manusia dan kemajuan teknologi untuk mengajar lebih banyak orang secara lebih baik dan lebih cepat. Baik berupa media komunikasi massa seperti radio, televisi, surat kabar, film, dll. Sekarang muncul pertanyaan, apa itu media massa?

Media massa adalah teknologi media yang beragam yang dimaksudkan untuk menjangkau khalayak yang besar dengan komunikasi massa. Teknologi melalui komunikasi ini bervariasi. Disiarkan oleh media termasuk radio, rekaman musik, film dan televisi yang mengirimkan informasi secara elektronik. Media massa berarti teknologi yang dimaksudkan untuk menjangkau khalayak massa. Ini adalah sarana utama komunikasi yang digunakan untuk mencapai sebagian besar masyarakat umum. Platform yang paling umum untuk media massa adalah surat kabar, majalah, radio, televisi, dan internet. Masyarakat umum biasanya bergantung pada media massa untuk memberikan informasi mengenai isu-isu politik, isu-isu sosial, hiburan, dan berita dalam budaya populer.

Arti Penting Media Massa:

1. Media Massa memberikan informasi kepada massa dalam waktu kurang.

2. Dibutuhkan cakupan yang luas dari informasi mengenai apa yang terjadi di setiap sudut dunia.

3. Ini membawa seluruh dunia bagi individu atau kelompok. Anak-anak menghabiskan berjam-jam bersama-sama duduk di depan televisi dan dapat memvisualisasikan, mendengar dan memperoleh pengetahuan tentang dunia.

4. Media ini mudah menjangkau kelompok, memungkinkan penggunaan berulang, memberikan kenyataan lebih, mempengaruhi sikap, sebab dan acara memberikan efek dan akhirnya memotivasi penonton.

5. Ini mengirimkan informasi ke tempat-tempat terpencil dan membantu dalam belajar jauh.

6. Ini membantu dalam modifikasi sikap, penanaman nilai-nilai yang diinginkan dan berkenalan dengan warisan budaya.

7. Media massa bertindak sebagai agen perubahan sosial.

8. Media massa berguna untuk memperkuat dinamika kelompok dan komunikasi interpersonal.

9. Media massa sebagai sarana komunikasi membuat ide-ide yang jelas untuk anak-anak dan membantu mereka untuk memperoleh pengetahuan yang benar. Mereka membantu dalam menyederhanakan dan dalam memberikan kejelasan dan penjelasan.

10. Media Massa membuat instruksi dan merangsang minat serta membangkitkan rasa ingin tahu dalam berbagai hal.

"Pendidikan saat ini, oleh karena itu, memiliki tanggung jawab yang jauh lebih besar daripada sebelumnya. Hal ini untuk memenuhi tuntutan dunia yang dinamis yang mengubah karakter setiap hari. Pendidikan kontemporer harus lebih komprehensif dan lengkap daripada sebelumnya. Peran dari berbagai lembaga pendidikan seperti rumah, masyarakat, komunitas dll akibatnya telah meningkat, sehingga media massa memiliki peran seperti televisi, radio, bioskop, koran meningkat. "Jadi sekarang  pers, radio, bioskop, televisi, dll menjadi lebih dan lebih penting dalam kehidupan individu.
 Kunjungi:

Sumber: www.ashaeducation.in/b-ed-course/mass-media-approach-in-educational-technology/

Posting Komentar untuk "Pendekatan Media Massa dalam Teknologi Pendidikan"

loading...